Tips mengatasi anxiety disorder
Cara Alami untuk Mengobati Kecemasan

21 Solusi Alami yang Terbukti Atasi Masalah Kecemasan

Posted on

Orang-orang yang mengalami anxiety tentu akan merasakan kecemasan. Banyak penyebab yang menyebabkan gangguan tersebut. Jika Anda saat ini mengalami hal itu, tidak ada salahnya untuk menyimak artikel ini yang akan membahas tips-tips dan solusi alami yang mampu dan terbukti mengatasi problem kecemasan.

Beberapa cara alami yang efektif terdiri dari herbal, vitamin, teh, obat homeopati, juga sejumlah minyak esensial.

Semakin bertambahnya tahun, semakin banyak pula bertebaran obat-obatan dan resep yang disertakan untuk mengatasi kecemasan.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua obat efektif bekerja dan juga tidak semua orang pula cocok untuk mengkonsumsi obat-obatan tersebut. Tentu salah satu faktor yang juga dicemaskan adalah efek samping dari obat-obatan itu, yaitu efek adiktifnya.

Dengan alasan ketergantungan tersebut akhirnya banyak orang memilih ke solusi lain yang lebih alami untuk mengobati dan meredakan gangguan kecemasan mereka.

Dengan alasan aman saat dikonsumsi dan tidak memiliki efek ketergantungan, obat alami dan tradisional dipilih menjadi solusi.

Dan berita gembiranya, ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa banyak di antara obat alami tersebut bekerja secara efektif dan lebih baik daripada obat-obatan untuk gangguan kecemasan yang berbahan kimia.

Setiap budaya di belahan bumi ini telah turun-temurun menggunakan biji, akar, kulit kayu, daun, dan bunga-bungaan digunakan sebagai bahan herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Hal ini juga dibuktikan dengan temuan arkeolog yang membuktikan bahwa tanaman obat telah dipakai secara turun-temurun selama 60 ribu tahun.

Sekitar 80% dari keseluruhan populasi dunia masih mengandalkan obat herbal untuk mengatasi dan mengobati, serta menjadikannya solusi perawatan untuk kesehatan mereka.

Dan secara mengejutkan, dalam beberapa tahun terakhir telah ditemukan sejumlah obat alami untuk mengatasi anxietas.

Peralihan ini terjadi dipicu oleh naiknya biaya resep dan obat anti kecemasna yang secara disadari dapat menimbulkan efek samping ketergantungan.

Berikut adalah obat herbal alami yang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kecemasan yang terbukti aman dan efektif.

1. Akar arktik (Rhodiola rosea)

Akar-akaran ini ditemukan di daerah beriklim dingin di dunia, seperti pada belahan Kutub Utara dan pengunungan Cina bagian tengah.

Akar arktik juga banyak digunakan untuk pengobatan tradisional di eilayah Skandinavia dan Cina.

Akar arktik memiliki sifat adaptogen yang kuat. Ini adalah semacam zat yang berkhasiat memperkuat ketahanan terhadap stres fisik dan emosional seorang manusia. Tentu saja, kebutuhan mengobati kecemasan dan kelelahan dengan obat ini tidak diragukan lagi kemanjurannya.

Gangguan-gangguan lain yang dapat diatasi dengan akar arktik ini termasuk orang-orang dengan depresi tinggi, gangguan afektif musiman, sindrom kelelahan kronis, dan fibromyalgia.

Manfaat akar arktik untuk gangguan kecemasan
Akar arktik solusi alami atasi anxiety

Akar arktik terbukti merespon lebih cepat sebagai obat alami anti depresi ketimbang obat antidepresan yang berbahan kimia.

Cara kerja dari akar ini adalah dengan menstimulasi peningkatan aktivitas neurotransmitter utama, yaitu serotonin dan dopamin.

Sehingga, akar arktik sangat baik dipertimbangkan sebagai bagian dari perawatan alami jika Anda mengalami kabut otak, kesulitan berkonsentrasi, depresi, atau kekurangan energi yang dibarengi dengan gangguan kecemasan.

2. Withania smonifera

Disebut juga sebagai Ashwagandha. Ini adalah salah satu ramuan penting yang telah digunakan dalam sistem pengobatan Ayurvedic Hindu 3.000 tahun yang lalu.

Akar Ashwagandha juga dikenal sebagai akar bau kuda, dipercaya dapat memberikan stamina dan kekuatan seperti kuda.

Saat ini, akar Ashwagandha dipakai sebagai ramuan yang bertindak sebagai adaptogen untuk menghilangkan stres.

Saat Anda mengalami tekanan, letih, lesu, dan kurang semangat, akar Withania smonifera sangat cocok untuk digunakan.

3. Baccopa monnieri

Dikenal juga sebagai brahmi, merupakan ramuan lain yang ditemukan seperti halnya Withania smonifera yang berfungsi sebagai adaptogenik penting untuk pengobatan Ayurvedic.

Bacopa sudah dikenal secara turun-temurun untuk meningkatkan harapan hidup seseorang sekaligus meningkatkan kekuatan otak.

Bacopa juga mampu mengurangi gangguan kecemasan sekaligus meningkatkan daya ingat dan kewaspadaan.

Orang-orang dengan gangguan kecemasan dan kehilangan memori juga baik disarankan untuk mengkonsumsi brahmi ini. Untuk merasakan efeknya secara optimal, dibutuhkan kesabaran karena akan memakan waktu yang cukup lama hingga berbulan-bulan.

4. Ginseng

Salah satu tanaman khas Korea ini sudah menjadi primadona herbal sejak zaman dahulu.

Orang Cina menyebut ginseng sebagai ramuan kehidupan. Mereka telah membuktikan kemanjuran akar ini untuk meningkatkan stamina, kekuatan dan kinerja fisik. Ramuan ginseng ini telah digunakan sejak 5.000 tahun lamanya.

Mengkonsumsi ginseng dapat memberikan efek tubuh agar menjadi lebih rileks dan bertambahnya kemampuan waspada (awas).

Dengan tidak terlalu menimbulkan rangsangan kuat, ginseng mampu meningkatkan energi Anda secara signifikan.’

Selain itu, ginseng juga menjadi solusi untuk pengobatan stres, gangguan kecemasan, gelisah, kelelahan, dan depresi.

5. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba biasanya menjadi teman sejati untuk diresepkan bersamaan dengan ginseng. Ini juga merupakan tanaman yang paling kuno menyamai ginseng, bahkan lebih lama.

Menurut penelitian, fosil ginkgo yang paling awal berasal dari 270 juta tahun yang lalu.

Pohon-pohon ginkgo banyak ditemukan pada episentrum ledakan bim atom di Hiroshima. Pohon ini memiliki karakter yang sangat kuat sehingga, hingga saat ini masih bisa eksis dan telah digunakan sebagai bahan obat herbal alami Tiongkok selama beribu-ribu tahun.

Diperkirakan, penjualan ginkgo secara tahunan telah mencapai 250 juta dolar.

Walaupun dianggap sebagai penambah daya ingat, ginkgo juga memiliki manfaat untuk mengurangi pelepasan hormon stres yang disebut sebagai kortisol.

Ginkgo juga sangat efektif digunakan sebagai solusi untuk mengatasi kecemasan dan stres, karena ia dapat meningkatkan kadar neurotransmitter serotonin dan dopamin yang sangat penting untuk suasana hati yang positif.

6. Piper methysticum

Dikenal juga dengan kava-kava, merupakan salah satu tanaman obat yang berasal dari Pasifik Selatan.

Kava-kava juga merupakan salah satu obat alami yang paling ampuh untuk mengatasi gangguan kecemasan / anxiety.

Ramuan teh Piper methysticum bermanfaat membuat badan menjadi lebih rileks dan mampu menjernihkan mental.

Penelitian lain juga menunjukkan hal positif mengenai ramuan ini, yaitu efektif dalam mengobati kecemasan.

Salah satu resep yang digunakan untuk mengatasi anxietas adalah dengan meningkatkan level kimia otak GABA, yaitu asam gamma-aminobutyric, yang merupakan neurotransmitter dengan tugas menenangkan pikiran dan memperlambat aktivitas obat saat dibutuhkan.’

Jika seseorang mempunyai tingkatan GABA yang rendah, maka beberapa risiko gangguan mental dan fisik dapat terjadi, seperti gangguan kecemasan, serangan panik, depresi, sindrom iritasi usus besar, dan fibromyalgia.

Salah satu prasyarat saat Anda mengkonsumsi kava-kava ini adalah tidak boleh dikosumsi bersamaan dengan obat alami lain yang dapat menyebabkan kantuk seperti 5-HTP, melatonin, pegagan, dan valerian.

Di Indonesia sendiri, kava-kava telah banyak diproduksi dalam bentuk kapsul maupun serbuk.

7. Valeriana officinalis

Bahan herbal ini bermanfaat untuk menghilangkan kecemasan, stres, dan insomnia.

Dokumentasi di Eropa menyebutkan bahwa Valeriana ini telah digunakan lebih dari 2.000 tahun yang memiliki cara kerja mirip dengan Piper methysticum, yaitu dengan meningkatkan kadar GABA di otak.

Valeriana officinalis atau sering dikenal sebagai akar valerian, meskipun dianggap aman ia menimbulkan efek samping mengantuk.

Jadi, saran konsumsinya adalah di malam hari. Valerian ini bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman teh maupun diolah sebagai suplemen. Sebagian orang mungkin akan tidak suka dengan aroma teh valerian yang menyengat ini.

8. Passion Flower

Passiflora incarnata disebut pula sebagai bunga gairah, yang merupakan obat herbal yang berasal dari Amerika Utara. Tanaman mirip pohon anggur yang bagus ini dipakai secara tradisional oleh penduduk asli Amerika untuk mengobati gangguan kecemasan dan insomnia.

Sebuah studi menunjukkan bahwa Passion flower digunakan untuk mengobati gangguan kecemasan sama baiknya dengan obat penenang Serax (oxazepam). Selain itu, bunga ini juga diyakini bekerja dengan meningkatkan kadar GABA otak.

9. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks juga sering dikenal sebagai vitamin bahagia. Kadang juga disebut vitamin anti-stres. Vitamin ini bisa meningkatkan suasana hati dan juga meningkatkan toleransi terhadap stres.

Beberapa ciri kekurangan vitamin B kompleks antara lain kecemasan, depresi, kelelahan, dan memiliki konsentrasi yang buruk.

Vitamin B merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh sel-sel otak sebagai energi dan berfungsi untuk membuat neurotransmiter.

Selain itu, vitamin B juga mampu mengatasi ketidakseimbangan GABA, dopamin, serotonin, dan epinefrin yang ketiganya memiliki pengaruh terhadap kecemasan.

Namun ada satu peringatan bahwa sejumlah orang melaporkan setelah mengkonsumsi vitamin B kompleks, mereka merasa semakin berenergi dan sebagian yang lain malah merasakan lebih cemas.

10. Inositol

Sebelumnya, Inositol dikenal sebagai B8 yang dikategorikan sebagai pseudovitamin. Kadar inositol tertinggi ditemukan di bagian otak yang bertugas untuk berkomunikasi antar sel-sel otak.

Inositol ini juga terbukti mampu mengatasi gangguan panik dan obsesif-kompulsif.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa inositol bekerja sebaik Lovox, antidepresan, dan untuk mengobati gangguan panik, namun tidak mempunyai efek samping.

Inositol juga mampu menjaga perubahan suasana hati, termasuk depresi, rasa gelisah, sindrom pramenstruasi (PMS).

Inositol diketahui sangat aman dan tidak terdapat interaksi yang diketahui berkaitan dengan penggunaan obat-obatan yang lain.

Inositol dapat tersedia dalam bentuk bubuk.

11. Vitamin D

Dikenal juga sebagai vitamin sinar matahari yang dapat membantu mengatasi kecemasan dan depresi yang terkait dengan fibromyalgia.

Kekurangan vitamin D dapat mempengaruhi kecemasan dan depresi.

12. Magnesium

Kekurangan magnesium dapat berkontribusi terhadap gangguan kecemasan seseorang.

Magnesium berperan menghambat pelepasan hormon stres dan bertindak sebagai filter untuk mencegah mereka memasuki otak.

13. Taurin

Taurin biasanya ditemukan sebagai bahan yang terdapat dalam minuman berenergi. Ini merupakan kategori asam amino yang ditemukan di otak dalam konsentrasi tinggi.

Asam amino mempunyai cara kerja yang sangat mirip dengan neurotransmitter GABA, dengan mengaktifkan resptor GABA dan merangsang pelepasan dan pembentukan GABA.

14. Tryptophan

Merupakan salah satu jenis asam amino yang merupakan komponen penting dari serotonin kimia otak yang meningkatkan suasana hati.

Triptofan sangat mudah ditemukan dalam makanan yang kaya dengan protein dan bermanfaat untuk mengurangi kecemasan secara umum, gangguan kecemasan, dan serangan panik.

Tryptophan telah diteliti memiliki efek yang sama sebagai obat antidepresan.

Salah satu akibat gangguan kecemasan adalah insomnia, atau susah tidur. Dengan triptofan, Anda dapat terbantu dengan tidur lebih cepat, lebih lama, dan lebih jarang bangun di malam hari.

15. Minyak Ikan

Minyak ikan mengandung asam lemak esensial Omega-3 yang merupakan komponen struktural integral dari membran sel otak dan sel saraf.

Sel-sel otak yang sehat merupakan garis pertahanan utama Anda dalam melawan kecemasan, depresi, dan gangguan mood lainnya.

Minyak ikan merupakan salah satu suplemen Omega-3 yang paling populer. Suplemenn ini dapat mengurangi kecemasan dan depresi.

Omega-3 juga berperan sebagai anti-inflamasi yang tentu saja sangat baik dalam membantu mengurangi peradangan kronis pada otak.

perlu diketahui bahwa peradangan yang terjadi pada otak dapat berkontribusi terhadap depresi, kecemasan, gangguan bipolar, skizofrenia, dan gangguan stres paska trauma.

16. Probiotik

Diperkirakan terdapat ratusan spesies bakteri yang ditemukan dalam usus. Namun, akhir-akhir ini, ditemukan 2.000 spesies tambahan.

Bakteri-bakteri tersebut dikenal sebagai flora usus, mikrobioma, atau mikrobiota dan mempunyai pengaruh khusus terhadap otak dan suasana hati.

Bakteri-bakteri tersebut memiliki peran untuk membangun lebih dari 30 neurotransmitter, termasuk serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati dan GABA untuk efek menenangkan.

17. Teh Chamomile

Chamaemelum nobile, dikenal juga dengan Matricaria recutita, telah banyak digunakan untuk mengobati insomnia, stres, dan kecemasan.

Ini bisa menjadi solusi santai Anda sebagai bahan relaksasi dalam teh bumbu celestial seasoning sleepytime yang begitu populer.

Pengalaman minum teh chamomile untuk atasi gangguan kecemasan
Teh Chamomile

Penderita depresi sangat disarankan meminum Chamomile, apalagi disertai dengan kecemasan.

Chamomile ini sangat aman, bahkan anak-anak pun bisa mengkonsumsinya.

18. Lemon Balm

Dikenal sebagai Melissa officinalis, telah dimanfaatkan sebagai ramuan untuk menenangkan sejak abad pertengahan.

Lemon balm masuk dalam keluarga mint, sehingga mempunyai rasa yang mirip dengan mint dan sedikit efek lemon.

Lemon balm yang diolah sebagai teh sangat bagus untuk mengatasi insomnia dan juga dapat meningkatkan daya ingat.

19. Teh Hijau

Green tea atau dikenal juga dalam nama latin sebagai Camellia sinensis mengandung L-theanine, merupakan asam amino alami yang dapat memberikan efek rileks.

L-theanine dalam teh hijau akan mengubah keadaan gelombang otak lebih baik. Dengan begitu, masalah seperti sulit berkonsentrasi dapat diatasi, termasuk mengurangi stres.

Teh hijau juga mampu meningkatkan kadar GABA otak.

20. Teh Gotu Kola (Centella asiatica)

Ini merupakan jenis teh yang legendaris dengan manfaat mengobati gangguan pikiran, termasuk kecemasan di dalamnya.

Teh ini juga berkhasiat untuk mengatasi kelelahan mental, depresi, kehilangan ingatan, juga kesusahan tidur.

Teh Gotu Kola mempunyai nama populer dalam Bahasa Mandarin yang diterjemahkan menjadi “mata air awet muda”.

Gotu Kola juga dikenal sebagai pegagan yang dalam penelitiannya, bahan ini mampu eningkatkan ketenangan, kepuasan, dan kewaspadaan, juga mengurangi gejala kecemasan dan depresi hingga 50 persen.

Pegagan juga mempunyai manfaat sebagai penambah kognitif untuk menghentikan kehilangan memori.

Pegagan ini sangat aman dan telah lama dikonsumsi selama ribuan tahun.

21. Teh Basil Suci

Dikenal juga sebagai kemangi suci, atau tulsi adalah salah satu ramuan yang telah lama dipakai dalam tradisi penyembuhan Ayurvedic.

Kemangi suci dapat mengurangi stres dan gangguan kecemasan dengan cara kerja menurunkan kadar hormon stres kortisol.

Teh basil suci ini juga berguna untuk mengatasi gangguan yang melibatkan otak lainnya, seperti kehilangan memori, depresi, sakit kepala, dan migrain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *