Trik Ampuh menenangkan kulit kering
Cara Menenangkan Kulit Kering

7 Tips Penting untuk Menenangkan Kulit Kering dari Dermatologis

Posted on

Kulitmu kering? Atau mungkin terasa gatal dan perih? Rasanya tidak nyaman. Dan itu mungkin terlihat membosankan juga. Apa yang sedang terjadi? “Kulit kering pada dasarnya adalah kulit dengan kadar air rendah,” kata dr. Joshua Zeichner, direktur kosmetik dan penelitian klinis di bidang dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City.

“Ini biasanya dikaitkan dengan gangguan pada pelindung kulit, yang berarti retakan di antara sel-sel kulit, hilangnya hidrasi, dan dalam kasus yang parah, peradangan kulit,” katanya.

Akhirnya, dermis Anda – lapisan kulit yang bertanggung jawab untuk membuat minyak – mungkin kering karena berbagai alasan.

Itu termasuk gen; iklim yang dingin dan kering (seperti di musim gugur dan musim dingin); pembersihan berlebihan; atau menggunakan bahan perawatan kulit yang keras, kata Dr. Zeichner.

Beberapa dari hal-hal itu lebih mudah diatasi daripada yang lain. Jadi, meskipun Anda tidak akan melakukan apa pun tentang DNA Anda, Anda dapat mengubah rutinitas perawatan kulit Anda dan mempraktikkan kebiasaan gaya hidup sehat untuk kulit yang bergizi baik.

Inilah yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi di musim ini (atau kapan pun sepanjang tahun).

1. Awasi Jam Saat Anda

Mandi hampir tidak ada yang lebih baik dari mandi air panas di hari yang dingin. Tapi kulit tidak menyukainya, kata Zeichner. “Paparan air dalam waktu lama, terutama air panas, dapat menghilangkan minyak esensial yang melindungi kulit,” jelasnya. Paling baik untuk menjaga agar pancuran Anda tetap hangat (dia menyamakan ini dengan suhu kolam air panas di musim panas) dan keluar dan handuk bersih setelah 10 menit.

2. Beralih ke Sabun Cair yang Lembut

Nasihat ini berlaku untuk seluruh tubuh Anda karena kulit Anda bisa mengering dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Terlepas dari kenyataan bahwa Anda mungkin menyukai perasaan bersih yang melengking, menggunakan sabun atau pembersih tubuh cair antibakteri terlalu keras. “Ini mengikis kulit dari lipid (lemak alami) dan mulai menghancurkan penghalang pengikat airnya,” kata dr. Stacie Clark, seorang dokter kulit bersertifikat dengan Pinnacle Skin di Rochester Hills, Michigan.

Pada tubuh Anda, gunakan sabun cair yang lembut dan simpan hanya di area yang berkeringat, seperti ketiak, selangkangan, dan pantat, katanya.

3. Pastikan Pelembab Bekerja untuk Kulit Anda

Anda dapat membeli pelembab terbaik dan Anda mungkin masih belum mendapatkan manfaat penuh darinya. “Saat produk dioleskan pada kulit kering, produk tersebut tidak terserap dengan baik,” kata Lauren Fine, MD, ahli kulit bersertifikat di Chicago Cosmetic Surgery and Dermatology (@drlaurenfine).

Itu berarti Anda mungkin tidak mendapatkan manfaat penuh dari topikal Anda atau mungkin menemukan bahwa kekeringan tetap ada meskipun kebiasaan pelembab yang rajin. “Untuk kulit kering atau selama musim dingin, menambahkan produk asam hialuronat ke dalam rutinitas Anda dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dengan lebih baik,” katanya.

Dr Fine merekomendasikan untuk mengoleskan beberapa tetes serum yang mengandung asam hialuronat ke wajah yang bersih sebagai lapisan pertama Anda. Lalu oleskan pelembab berbahan dasar krim di atasnya.

4. Tetap Terhidrasi, Tapi Jangan Berharap Air Minum Mempengaruhi Penampilan Kulit Anda

Sebaiknya tetap terhidrasi dengan meminum air dan mengonsumsi makanan dengan kandungan air tinggi (seperti buah dan sayuran) untuk mencapai rekomendasi Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional.

Aturan praktis yang baik adalah minum ½ ons (ons) sampai 1 ons air untuk setiap pon yang Anda timbang setiap hari, kelompok itu merekomendasikan.

Namun jika menyangkut masalah kulit, tidak ada aturan – dan meminum air tidak akan membantu. “Itu mitos bahwa Anda perlu minum delapan gelas air untuk menjaga kulit tetap terhidrasi,” kata Zeichner. Mungkin hanya membantu jika Anda berjalan-jalan karena dehidrasi.

Tinjauan Agustus 2018 di Skin Research and Technology menyimpulkan bahwa orang yang memiliki konsumsi air rendah mungkin menemukan peningkatan H2O sedikit meningkatkan hidrasi kulit.

Namun, seperti yang disebutkan oleh penulis, ini didasarkan pada bukti yang “lemah”. Minumlah, tapi ketahuilah itu bukan peluru perak.

5. Tetap Pakai SPF (Sun Screen)

Hanya karena lebih dingin tidak berarti matahari tidak akan mempengaruhi kulit Anda. “Kulit yang rusak karena sinar matahari itu tidak sehat. Saya belum pernah bertemu dengan pasien rusak akibat sinar matahari yang tidak mengeluh karena kekeringan, “kata Fine. Itu sebabnya Anda harus mengoleskan pelembab atau tabir surya dengan setidaknya SPF 30 sebelum Anda keluar rumah setiap pagi.

6. Periksa Kelembaban di Dalam Rumah Anda

Udara dalam ruangan yang hangat dari unit pemanas memiliki kelembapan rendah, yang akan mencuri kelembapan dari kulit Anda.

Dan meskipun Anda mungkin sudah memiliki pelembab udara yang terpasang ke sistem HVAC Anda di rumah, yang paling membantu adalah menjalankan pelembab portabel di kamar Anda saat Anda tidur, kata Dr. Clark.

“Humidifier dalam kamar langsung mengeluarkan uap ke udara, memberikan kelembapan ekstra ke kamar Anda saat Anda tidur di malam hari,” katanya, seraya menambahkan bahwa secara anekdot pasien merasa ini menenangkan kulit mereka.

7. Ubah Rutinitas Perawatan Kulit Anda Dengan Bantuan Dokter Kulit Anda

Retinoid adalah turunan vitamin A yang meningkatkan produksi kolagen untuk menghaluskan garis-garis halus dan kerutan, tetapi banyak pasien menemukan bahwa retinoid juga menyebabkan efek samping seperti kekeringan dan pengelupasan, kata Clark.

Masalah tersebut bisa diperburuk di musim dingin. Jika saat ini Anda menggunakan resep retinoid dan itu menyebabkan efek samping ini, lakukan beberapa penyesuaian pada rutinitas Anda: Terapkan setiap dua malam dan gunakan hanya dalam jumlah seukuran kacang polong.

Oleskan pelembap Anda di atasnya, atau pertimbangkan untuk melembapkannya sebelum mengaplikasikan retinoid. Jika hal-hal itu tidak membantu, Anda mungkin ingin mundur ke versi yang dijual bebas dan berkekuatan rendah, yang disebut retinol, katanya.

Ini bisa menjadi masalah yang sulit untuk dipecahkan sendiri, dan di sinilah berbicara dengan dokter kulit Anda. Selama pertemuan berikutnya, mereka dapat membantu Anda menentukan rencana untuk menjaga kulit Anda terlihat sehat dan terhidrasi, berapa pun usia Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *